Informasi Perihal Wisata di Karimunjawa

Gugus Kepulauan Karimunjawa sekarang menjadi primadona bagi mereka yang menyukai wisata di pulau-pulau eksotis. Bagi orang Indonesia tidak perlu jauh-jauh pergi ke Karibia atau Maladewa untuk merasakan keindahan pulau tropis. Mereka cukup ke utara Jawa Tengah dimana lokasi kepulauan ini berada. Karimunjawa berlokasi di utara Kabupaten Jepara dan saat ini menjadi destinasi wisata favorit banyak orang.

Walau begitu masih banyak orang yang kebingungan saat akan berwisata ke tempat ini. Berikut penjelasan singkat mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan wisata ke Karimunjawa:

Perihal Transportasi

Transportasi menjadi hal yang harus diperhatikan. Karena lokasinya yang terpisah dari Pulau Jawa dan jaraknya cukup jauh maka hanya ada dua pilihan moda transportasi yaitu kapal dan pesawat terbang. Untuk yang memakai transportasi kapal terdapat dua pilihan yaitu melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Kartini Jepara. Untuk Tanjung Mas terdapat kapal cepat Kartini I. Kapal ini berangkat setiap Sabtu pukul 9 pagi menuju Karimunjawa dan kembali ke Semarang setiap Minggu siang. Untuk lama penyebrangan sekitar 2-3 jam.

Sedangkan dari Pelabuhan Kartini terdapat Kapal Ferry Muria yang jadwal ke Karimunjawa setiap 2 hari sekali dan berangkat jam 8 pagi. Biasanya berangkat dari Jepara hari Selasa, Kamis dan Sabtu dan balik ke Jepara hari Rabu, Jumat dan Minggu. Tarif kapal ferry lebih murah dari kapal cepat. Untuk perjalanan laut juga tergantung dengan cuaca dan ketinggian ombak.

Perjalanan memakan waktu sekitar 6 jam. Untuk transportasi pesawat terdapat penerbangan dari Bandara Udara Ahmad Yani menuju Bandar Udara Dewa Daru memakai pesawat jenis CASA 212. Lama perjalanan sekitar 30 menit.

Perihal Penginapan

Selain transportasi hal yang harus diperhatikan adalah penginapan. Wisata di Karimunjawa wajib menginap sehingga penginapan harus menjadi prioritas. Terdapat banyak penginapan di kawasan ini. Penginapan yang ada variatif mulai dari yang sederhana hingga mewah. Semuanya bisa disesuaikan dengan keuangan masing-masing wisatawan. Terdapat guest house, wisma, losmen hingga penginapan mewah.

Bagi yang berwisata di musim liburan sebaiknya memesan penginapan terlebih dahulu karena ditakutkan akan kehabisan penginapan. Tentu Anda tidak ingin tiba-tiba kehabisan penginapan begitu sampai di Karimunjawa.

Perihal Cuaca

Karena umumnya wisatawan memakai transportasi laut untuk sampai ke Karimunjawa maka selalu perbarui informasi mengenai cuaca. Jika cuaca sedang buruk dan dirasa berbahaya maka kapal tidak akan berani menyeberang ke Karimunjawa. Sehingga usahakan untuk berwisata saat musim laut sedang tenang dan tidak berbahaya yaitu biasanya saat musim kemarau. Hindari wisata saat musim pancaroba atau hujan karena peluang untuk ombak besar cukup besar.

Sudah banyak orang yang kecewa karena tidak bisa menyeberang ke Karimunjawa padahal sudah tiba di pelabuhan. Banyak juga yang kepulangannya tertunda karena kapal yang dari Jepara tidak bisa berlayar menjemput sehingga harus menginap lebih lama.

Demikian sedikit informasi mengenai wisata di Karimunjawa. Jika Anda tertarik bisa menghubungi biro perjalanan wisata yang menyediakan paket wisata Karimunjawa. Selamat berwisata dan selamat menikmati keindahan alam Indonesia.

  • Add Your Comment