Berwisata di Karimunjawa, Raja Ampat-nya Jawa Tengah

Berkembangnya perekonomian di Indonesia selama satu dekade ini membuat banyak sektor ikut merasakan  dampak positifnya. Salah satu sektor yang terkena imbas positif adalah pariwisata. Beberapa tahun ini travelling seakan menjadi gaya hidup bagi sebagian besar warga Indonesia. Banyak dari mereka yang rela menghabiskan banyak  waktu dan uangnya untuk berwisata di objek-objek wisata yang bertebaran di penjuru Indonesia.

Salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan wisatawan adalah Raja Ampat di Papua. Tempat ini menjadi dambaan banyak wisatawan. Sayangnya banyak yang kesulitan untuk datang ke tempat ini dikarenakan biayanya yang sangat mahal. Hal tersebut membuat banyak tempat wisata alternatif yang mirip dengan Raja Ampat naik daun. Salah satu tempat tersebut adalah Karimunjawa. Lokasinya yang dekat kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya membuat tempat ini menjadi incaran banyak wisatawan. Apalagi bagi wisatawan yang budgetnya sedikit. Peluang ini pun menarik perhatian perusahaan jasa wisata dengan menawarkan berbagai macam paket wisata Karimunjawa.

Karimunjawa sendiri merupakan gugusan pulau yang ada di utara Pulau Jawa. Tempat ini cukup terisolir sebelumnya namun sekarang sudah dikembangkan menjadi destinasi utama bagi Provinsi Jawa Tengah. Untuk sampai di tempat ini harus memakai transportasi udara dan laut. Umumnya wisatawan memakai moda kapal laut untuk tiba di tempat ini. Wisatawan bisa naik kapal dari Pantai Kartini Jepara atau dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Sedangkan jalur udara bisa ditempuh dari Bandara Ahmad Yani Semarang menuju Bandar Udara Dewa Daru.

Wisata Pantai dan Laut di Karimunjawa

Sama seperti di Raja Ampat, Karimunjawa juga menawarkan wisata alam berupa pantai dan keindahan pemandangan bawah laut. Terdapat banyak pantai-pantai indah yang ada di kepulauan ini. Dari 27 pulau yang ada hanya 5 pulau yang berpenghuni sehingga banyak pantai-pantai perawan yang bisa dinikmati saat berlibur di tempat ini. Wisatawan bisa dengan tenang menikmati keindahan panorama pantai dan lautan yang tenang dan alami. Ombak di kawasan ini tergolong tenang sehingga pengunjung bisa bermain air dengan tenang dan tidak perlu khawatir tergulung ombak.

Selain itu wisatawan juga bisa melakukan kegiatan seperti snorkling atau diving di beberapa lokasi yang ada di kawasan ini. Terdapat hampir 400 spesies fauna laut sehingga pemandangan bawah laut pun akan sangat indah. Saat snorkling atau diving jika beruntung wisatawan bisa melihat beberapa spesies langka yang hidup di kawasan ini seperti penyu Sisik, penyu Hijau dan ikan langka lainnya.

Gencarnya promosi oleh pemprov Jawa Tengah dan Pemda Jepara membuat Karimunjawa cepat naik popularitasnya di kalangan wisatawan. Hal tersebut menyebabkan banyak wisatawan yang datang ke tempat ini. Banyak agen wisata yang juga menawarkan paket wisata karimunjawa ke para wisatawan untuk memudahkan mereka datang ke tempat ini.

Demikian penjelasan umum mengenai wisata Karimunjawa semoga berguna bagi Anda yang ingin mengambil paket wisata Karimunjawa. Selamat berwisata dan jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan lingkungan saat berwisata.

  • Add Your Comment